paket wisata wae rebo

Desa Wae Rebo, Desa Menakjubkan dan Indah Di atas Awan

July 10, 2018 2 Comments

Desa Wae Rebo terletak di barat daya kota Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur dan yang terletak pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Untuk bisa sampai ke lokasi memang tidak mudah karena letaknya yang di atas gunung.

Cara menuju ke desa wae rebo ? Jika ingin melihat dunia luar, penduduk Wae Rebo harus menuju Denge terlebih dahulu. Yang sebaliknya pun berlaku. Jika kita ingin menuju Waerebo, kita harus ke Denge juga.

Rute menuju labuan bajo  lewwat darat : Labuan Bajo => Ruteng => Dintor => Wae Rebo

Karenanya desa ini terlihat sedikit terisolasi dibandingkan dengan desa yang lainnya. Hanya untuk sekedar memenuhi semua kebutuhan utama mereka setiap hari saja, masyarakatnya pun harus rela menanggung lelah untuk berjalan kaki dengan menelusuri hutan yang panjangnya adalah 9 km supaya bisa menuju Denge yang merupakan desa yang jaraknya sangat dekat dengan desa ini. Mereka yang tinggal di Wae Rebo ini bahkan jarang melihat dunia luar dari desanya karena mereka juga harus menuju Denge lebih dulu. Hal yang sama juga berlaku untuk Anda yang akan mengunjungi Wae Rebo sebab Anda juga perlu sampai di Denge lebih dulu sebelum ke Denge.

paket wisata wae rebo

Jika ingin sampai ke Denge, maka Anda perlu menggunakan kendaraan umum yang disediakan dan perjalanan Anda juga harus berawal dari Ruteng. Sebenarnya ada penerbangan yang langsung menuju Ruteng dan berangkat dari Denpasar namun tidak setiap hari ada sehingga Anda juga harus mengetahui jadwalnya lebih dulu. Akan lebih mudah bagi Anda untuk berangkat menuju Labuan Bajo dan Anda hanya perlu melanjutkan perjalanan dengan menggunakan travel maupun bus yang menuju Ruteng. Akan tetapi, jika dengan menggunakan tour and travel, maka Anda bisa sampai lebih mudah lagi dibandingkan harus naik kendaraan umum yang mungkin saja akan membuat tersesat.

Transportasi yang berangkat dari Ruteng menuju Dange maupun Dintor yang merupakan desa dekat Denge tidak banyak. Terdapat angkot maupun bemo namun sayangnya juga tidak beroperasi setiap hari. Namun yang bisa beroperasi setiap harinya adalah oto kayu yang merupakan sebuah truk dimana bagian belakangnya diberikan papan-papan untuk menjadi kursi penumpangnya. Hanya ini yang bisa Anda temukan setiap harinya. Oto kayu ini akan berangkat dari Ruteng yaitu Terminal Mena mulai dari pukul 9 hingga 10 pagi dan akan tiba di Desa Denge pada pukul 2 siang. Jika Anda ingin waktu yang lebih baik dan efektif, maka Anda harus menggunakan ojek yang ada setiap saat.

Hanya saja, jika menggunakan ojek ini, Anda tidak akan bisa tidur sebab harus selalu terjaga bila tidak ingin terjatuh. Trekking harus dilakukan pagi hari karena jaraknya yang sangat jauh. Selain itu, mulai dari 3 hingga 4 km, jalanan tidak akan ditutupi oleh pohon sehingga akan sangat terik dan Anda mungkin tidak akan sanggup. Tanjakannya tidak terlalu curam namun jalannya pun juga cukup lebar. Anda juga harus melalui jalur di tengah hutan yang cukup rimbun selama kurang lebih 4 jam.

Cobalah untuk berkunjung menuju desa Wae Rebo ini untuk menambah pengalaman baru Anda selama berada di Flores sehingga Anda tidak hanya mengetahui pantai saja.

 

Penduduk Wae Rebo sangat ramah dan selalu menjamu tamu yg datang dan pengunjung bisa menginap. Bapak kepla suku sempat sedih karena dahulu rumah wae roboh hampir roboh dan dengan bantuan pemerintah kembali dibangun dua rumah kerucut yg roboh dan sekarang sekarang rumah kerucut ini kembali 7 buah.

 

artikel lainnya Hotel Indigo Bali Seminyak

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...

ayla

2 Comments

  1. Reply

    neysha

    September 17, 2018

    trip keren cuy, kita bakalan ikutan lagi.. see you

    No votes yet.
    Please wait...

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

RELATED POSTS

%d bloggers like this: