taman nasional komodo ntt

Komodo Dragon

December 10, 2017 0 Comments

Melihat Spesies Langka Komodo Dragon di Flores

Dikarenakan namanya adalah pulau Komodo, maka sudah jelas jika spesies yang tinggal di dalamnya adalah komodo yang terkenal sebagai jenis kadal paling besar di dunia. Komodo Dragon  merupakan yang sering diburu dan juga dicari oleh banyak wisatawan mengingat ini adalah makhluk purba yang langka dan tidak ditemukan lagi di belahan dunia manapun kecuali Indonesia. Ini juga bagian dari 7 keajaiban dunia yang menakjubkan.

komodo dragon Indonesia

komodo dragon indonesia

Komodo Dragon Indonesia Memiliki Keunikan Tersendiri

Jika Anda ingin melihat makhluk purba yang paling indah dan juga langka bahkan satu-satunya di seluruh planet bumi ini, maka tentu saja pulau Komodo yang akan menjadi tujuannya. Bukan hanya mampu menarik perhatian dari turis lokal saja karena binatang unik dan langka ini juga mampu menarik perhatian mata dunia untuk melihat secara langsung apalagi ini adalah salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang baru dan ditetapkan pada tahun 2011 silam. Hewan yang termasuk ke dalam spesies dinosaurus ini masih hidup berkelompok hingga sekarang. Namun Komodo Dragon Indonesia merupakan yang paling dicari oleh banyak orang sebab inilah yang dikenal sebagai spesies terbesar.

 

Kadal berukuran raksasa ini hanya bisa ditemukan di Flores saja di NTT namun jumlahnya juga sangat terbatas dan langka namun Anda hanya bisa menemukannya di Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Komodo Dragon ini merupakan satwa karnivora yang air liurnya memiliki kandungan bakteri sangat berbahaya sehingga bisa melumpuhkan semua lawannya dengan sangat mudah. Akan tetapi, Anda yang ingin mengunjunginya juga akan tetap merasa aman sebab pihak pengelola pun sangat menjamin keamanannya dengan baik mengingat Anda akan dipandu oleh tour guide yang berpengalaman dan juga sangat terlatih sehingga Anda tidak akan terluka sama sekali selama trip.

 

Tentu dikarenakan kelangkaan dari bintang inilah, maka tidak heran jika banyak turis dari dalam dan luar negeri juga rela untuk berkunjung ke Indonesia demi melihat hewan yang dikatakan sebagai spesies dinosaurus ini. Selain itu, di sekitar pulau ini juga terlihat dengan baik lautan yang luas sehingga menjadi latar belakang yang indah untuk pulau komodo ini. Menemukan komod dragon yang terkenal ini tidak sulit sebab ciri khasnya juga berbeda dengan komodo yang lain. Kulit komodo ini khususnya yang jantan adalah abu-abu gelap hingga ada pula yang memiliki warna merah batu. Sementara itu komodo yang betina memiliki kulit dengan warna hijau seperti buah zaitun yang muda.

 

Selain itu, untuk betina juga memiliki potongan di tenggorokannya dengan warna kuning. Komodo yaang usianya masih muda biasanya jauh lebih berwarna untuk segi kulitnya. Sisiknya pun juga memiliki sensor yang akan langsung berhubungan dengan syaraf dan berada di sekitar tapak kaki, dagu, bibir dan juga telinga. Sementara itu, mata komodo mampu melihat objek yang berada kurang lebih sekitar 300 meter namun tidak baik jika melihat di dalam gelap. Komodo bisa membedakan warna namun kurang bisa untuk membedakan objek yang diam. Sementara lidahnya bercabang dengan warna kuning dan membentuk huruf “Y”. Komodo tidak memiliki sama sekali indra perasa.

 

Hanya terdapat sedikit di bagian ujung dari pangkal lidah atau bagian belakang di tenggorokkannya. Lidah ini berfungsi untuk menemukan daging bangkai yang bahkan jauhnya mulai dari 4 hingga 9.5 km. Sementara itu, mulutnya memiliki sekat berongga namun komodo tidak mampu menjilaat air seperti hewan yang lainnya melainkan mereka akan menyedot air masuk dengan mulutnya dan mencoba untuk mengangkat kepalanya sehingga air akan masuk menuju bagian perutnya.

 

Keunikan seperti inilah yang menyebabkan banyak orang sangat ingin untuk mengetahui sekaligus juga melihat dengan mata kepala sendiri keindahan Komodo Dragon Indonesia.

No votes yet.
Please wait...

ayla

LEAVE A COMMENT

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

RELATED POSTS

%d bloggers like this: